Senin, 02 Mei 2011

Pemuteran Villa, Bali Barat

Villa ini merupakan proyek pembangunan villa yang berlokupakan sample untuk pengembangan selanjutnya dari Villa Pemuteran. Konsep dari villa ini dibuat oleh Principal Architect dari Arcamaya adalah optimalisasi view ke arah pantai baik dari sekala fungsi ruang yang ada di villa ini.
Pembagian ruang villa ini terdiri tiga bagian yaitu area teras, area kamar tidur, dan area kamar mandi. Tiap-tiap bagian ini memiliki struktur sendiri-sendiri agar proses pembuatannya tidak semuanya langsung dikerjakan di lapangan. Sistem struktur terbagi empat, yaitu sistem struktur teras yang dibuat sistem deck, kamar tidur terbuat dari sistem struktur knock down yang terdiri dari rangka alumunium dan modul-modul yang terbuat dari kayu dengan ukuran 112 cm x 96 cm, kamar mandi yang terbuat dari rangka beton bertulang sehingga sistem struktur ini dibuat ditempat, struktur atap yang terpisah dari struktur bangunan yang terbuat dari kerangka bambu. Kamar tidur tidak menggunakan plafond melainkan menggunakan inner tent.

sample villa yang sudah terbangun di Pemuteran Villa


site Pemuteran Villa


interior dari sample Villa

Saya ikut serta dalam pembuatan maket studi bangunan villa ini. alternatif bentuk atap dibuat dengan bentuk datar, tidak melengkung. Pembuatannya menggunakan kertas karton kardus dan dari bahan sterofoam dan atapnya memiliki rangka yang terbuat dari tusuk sate dan lapisan atapnya dibuat dari kertas kalkir. Alternatif pertama bentuk dasar atap setengah lingkaran dan yang kedua atap dengan bentuk dasar segitiga. Jika diterapkan aslinya struktur atapnya terbuat dari bambu dan lapisan atapnya dari tenda. alternative kedua yaitu membuat atap dengan filosofi daun seperti pada museum Affandi , alternatif ketiga membuat bentuk atap dengan susun dua. Ketiga bentuk atap ini memiliki kesamaan yaitu sama-sama berbentuk miring sesuai dengan kodisi iklim di Indonesia yang tropis.


usulan design


maket studi

usulan desain untuk bar

1 komentar:

  1. assalamualaikum, boleh sy shearing about bali vernacular?
    soalnya saya lagi tertarik dengan konsep bali vernacular tipology.
    dalam design ini ada gak kearifan lokal yang terkandung

    BalasHapus