Kamis, 11 April 2013

LCCM (Life Cycle Carbon Minus) Demonstration House



Bangunan LCCM (Life Cycle Carbon Minus) Demonstration House tersebut dibangun oleh Building Research Institute (BRI) Ibaraki, Japan. Bangunan ini dibangun dengan tujuan untuk mengurangi emisi CO2 di muka bumi ini dari tahap konstruksi, operasional dan masa depan. Konsep bangunan ini dirancang dengan konsep beberapa lapisan untuk memberikan karakter pada setiap zona. Bangunan ini dirancang dengan tiga zona, yaitu zona buffer, zona aktivitas, dan resting zone. Penyusunan ini digambarkan secara vertikal sebagai konfigurasi ditumpuk, lebih memungkinkan udara alami dan aliran panas keluar masuk bangunan. Bangunan dibuat dengan beberapa lapisan lapisan pembukaan jendela dengan tujuan disesuaikan pada kondisi musim. Fasad terbuka ke arah selatan dan menara ventilasi di sisi utara membiarkan cahaya dan udara segar keluar masuk dengan leluasa.


Gambar dari tiga pintu kaca geser 
Rumah ini adalah untuk mengurangi emisi CO2 di seluruh siklus hidup rumah, dari konstruksi dan operasi hingga pembongkaran dan pembuangan. Konsep LCCM bertujuan untuk mencapai keseimbangan pada  CO2 negatif di seluruh siklus hidup seluruh rumah dengan menggunakan energi terbarukan seperti tenaga surya dan panas matahari. Hal ini didasarkan pada penyebaran teknologi untuk mengurangi CO2 yang dihasilkan di seluruh siklus hidup dari rumah, dan pembentukan gaya hidup hemat energi dengan memanfaatkan teknologi ini.


Facade utara di mana ada pintu masuk dan 
pompa untuk operasional bangunan
(Sebuah pompa panas pemanas air dan 
solar sel bahan bakar rumah tangga)
Fasad selatan ditutupi oleh bahan kaca yang dilengkapi dengan tiga lapisan kaca dan kayu yang Louvre kayu. Penggunaan lapisan ini disesuaikan dengan musim yang sedang terjadi. Kayu Louvre dibuka untuk memasukkan sinar matahari ke dalam bangunan selama musim dingin dan akan ditutup selama musim panas untuk menyaring sinar matahari yang masuk secara berlebihan. Sirkulasi udara alami masuk ke dalam gedung juga dapat ditangani dengan menutup Louvre kayu dan membuka pintu kaca.



Gambar Potongan LCCM (Life Cycle Carbon Minus) Demonstration House

source : http://www.kenken.go.jp/english/
Video : LCCM Demonstration House on Youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar