Rabu, 13 Maret 2013

Eco House Kitakyushu, Japan


Eco House, Kitakyushu
Kitakyushu adalah salah satu daerah industri di Jepang. Pemerintah Kota Kitakyushu memiliki misi untuk menciptakan kota yang ramah lingkungan dalam upaya untuk mengatasi dampak dari kegiatan industri yang dilakukan di kota. Oleh karena itu, pemerintah daerah membuat rumah percontohan dimana rumah dapat menjadi salah satu contoh rumah yang ramah lingkungan.

Konsep universal design  diterapkan yang juga dengan menggabungkan teknologi lama dengan teknologi baru sambil menerapkan konsep eco-building. Desainnya tidak begitu rumit, bangunan ini membuat cahaya matahari bisa diatur untuk bisa memasuki ruangan. Pola spasial juga dibuat sangat fleksibel sehingga lebih mudah untuk melakukan penataan kembali ruang. Beberapa area dirancang untuk memudahkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Bahan yang digunakan dipilih bahan yang terbuat dari bahan alami. 
Sistem Ventilasi antar Lantai
Tiga hal tersebut telah diterapkan di rumah Eco termasuk:
1. Penggunaan sistem dasar yang pembatasan penggunaan energi yang ramah lingkungan namun tetap memperhatikan kenyamanan
2. Menggunakan sumber energi alam dan sumber energi terbarukan
3. Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dengan pemanfaatan air dan tanaman untuk menambah kenyamanan pengguna.

Salah satu inovasi di Rumah Eco lemari di bawahnya yang terdapat ventilasi terus menerus turun Vent terletak di bawah kabinet untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan terpisah dari jendela.

Interior Eco House, Kitakyushu


Selama musim panas, jendela panel ganda akan membantu menjaga panas yang memasuki rumah. Selama musim dingin, jendela panel ganda akan membantu menjaga panas agar tersimpan didalam ruangan. Sebuah jendela panel ganda juga akan mengurangi polusi suara di rumah dan mengurangi kondensasi. Sebuah jendela panel ganda terdiri dari dua panel kaca yang disegel bersama-sama untuk membuat unit kedap udara. Ada kantong udara yang terjebak antara panel yang memberikan kualitas isolasi yang kuat.
Sistem insulation wall
Salah satu sistem universal design yang diterapkan
Mock-up Eco House Kitakyushu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar